Fotografi Minimalis Masih Menarik Untuk Dilakukan



Dunia Bambe - Membuat karya foto yang luar biasa tentu sangat mudah tidak sesulit apa yang teman-teman bayangkan. Dari gambar yang paling sederhana sekalipun akan tetap memukau jika teman-teman mengetahuinya. Pada artikel kali ini, kalian akan belajar menciptakan karya foto yang sederhana. Untuk bisa membuat karya foto yang sederhana sering kali penggunaan lensa adalah hal yang utama dan juga menentukan lokasi pemotretan cenderung mempengaruhi hasil foto teman-teman.

Menentukan Lokasi
Dimana teman-teman mengambil sebuah gambar akan menentukan keberhasilan kalian menciptakan foto yang sederhana. Lokasi pedesaan atau daerah terpencil bisa menjadi referensi teman-teman dalam hunting foto, namun bukan berarti lokasi perkotaan tidak bisa untuk dijadikan sebagai lokasi pemotretan. Lokasi pedesaan secara alami mempunyai nuansa yang sederhana, hanya saja disini kalian sedikit kesulitan untuk menentukan subyek utama yang menarik. Berikut adalah spot lokasi yang bisa teman-teman jadikan referensi untuk memotret foto minimalis:
1. Daerah Pesisir
2. Wilayah Gurun
3. Bukit / Pegunungan


Menentukan Subyek Foto
Apapun jenis foto yang teman-teman ambil akan lebih menarik jika terdapat subyek utama yang kuat. Foto potret misalnya, yang menjadi subyek utama adalah seseorang yang sedang kalian potret. Dalam foto minimalis atau sederhana kalian bisa memasukkan subyek ini kedalam satu frame foto kalian:
1. Pepohonan
2. Seseorang 
3. Bangunan

Menentukan Lensa Kamera
Mengenai lensa sebenarnya tidak menjadi persoalan penting, hanya saja jika teman-teman mampu menempatkan lensa sesuai kondisinya, besar kemungkinan akan memperoleh hasil foto yang bagus. Secara teknis tidak ada aturan khusus terkait lensa yang digunakan untuk memotret foto minimalis, semua tergantung pada lokasi yang kalian pilih. Misalnya saja ketika teman-teman berada di kawasan hutan belantara lebih baik untuk menyiapakan lensa tele. Karena lensa ini mampu membidik obyek dengan luas yang lebar tanpa menghilangkan ketajaman foto itu sendiri. Akan tetapi jika kalian berada di area perkotaan, bisa menggunakan lensa wide ataupun lensa bawaan kamera.

No comments: