4 Tips Edit Foto Landscape Menggunakan Lightroom


duniabambe.blogspot.com
Lightroom mempunyai banyak sekali pilihan menu, seperti warna, tekstur, tone, crop, yang mampu meningkatkan kualitas foto teman-teman. Tetapi terkadang pilihan tersebut membuat kalian bingung untuk memulainya darimana dan parahnya hasil foto editting malah semakin buruk dari aslinya. Ini sebabnya Dunia Bambe memberikan 4 tips editing foto landscape dari aplikasi Lightroom agar foto kalian nampak luar biasa dari aslinya.

Katakan saja bahwa teman-teman sudah selesai mengimpor foto landscape di Lightoom, namun jangan terburu-buru untuk mengeditnya langsung, melainkan perhatikan terlebih dahulu ke 4 poin berikut ini. Hampir keseluruhan foto landscape yang saya peroleh menggunakan 4 fitur lightroom dibawah ini:

1. Tone
2. Tekstur
3. Sharpening
4. Filter

Fokuslah pada empat fitur diatas, hal ini sudah cukup untuk mengedit suatu foto tertentu akan tetapi tidak dalam hal foto landscape saja. Fotografer mempunyai kesenangan sendiri-sendiri dalam mempercantik sebuah foto, misalkan saja dalam bermain kontras atau sedikit meningkatkan saturasi atau mungkin lebih suka menajamkan fotonya. Semua itu sah dan boleh dilakukan, karena tidak ada hasil editting yang tidak bagus semua kembali pada selera masing-masing individu. 

BACA JUGA : Fotografi Minimalis Masih Menarik Untuk Dilakukan

Tone


Dalam buku panduan Lightroom ada fitur panel yang disebut basic. Fitur ini berisikan banyak penyesuian yang disenangi oleh sebagian fotografer, dan ini sangat berguna untuk editting di foto landscape teman-teman. Fitur-fitur tersebut adalah:

1. Sorotan
Sudah terdapat arah penggeser yang bisa teman-teman gunakan, jika kekiri akan membuat foto semakin terang dan bertambah gelap jika digeser ke kanan.

2. Bayangan
Menggeser ke kanan akan menjadikan foto lebih gelap dan kekiri akan membuat foto kalian lebih cerah.

3. Putih
Kalian bisa menggeser arah panah ke kanan untuk membuat bagian foto lebih putih dan ke kiri untuk menjadikan foto lebih gelap.

4. Hitam
Geser ke kiri untuk membuat foto lebih hitam dan ke kanan untuk lebih terang.

Tekstur

Efek yang dihasilkan dari fitur ini tidak begitu mempengaruhi hasil foto landscape, namun baru-baru ini Lightoom menambahkan perbaikan yang ada pada fitur tekstur yang tentu akan membuat foto landscape kalian lebih nampak. Fitur tekstur lebih direkomendasikan untuk mengedit foto potret, karena dengan menempatkan tekstur yang pas akan memunculkan efek detail yang tajam, jika pada foto landscape terlihat lebih alami.

Sudah banyak sekali fotografer disana yang senang dengan efek detail dan tajam sama seperti fitur yang ada pada tekstur Lightroom. Namun, terlalu tinggi meningkatkan efek tekstur justru membuat foto teman-teman menjadi rusak dan bahkan noise yang berlebihan. Meningkatkan teksur akan membuat subyek foto terlihat jelas.

Sharpening

Alat bantu semacam sharpening sering diabaikan oleh fotografer karena terlalu sulit memahami alat bantu ini. Bedanya dengan tekstur adalah bahwa sharpening lebih menekankan ketajaman pada setiap sisi dan menempatkan ketajaman foto  yang ingin teman-teman tingkatkan.

Seperti halnya tekstur, hasil dari sharpening tidak terlihat berpengaruh namun jika teman-teman selidiki lebih detail hasil foto kalian akan mempunyai resonansi yang sesuai. Sharpening mempunyai empat menu lain didalamnya, seperti radius, detail, jumlah, dan masking. Ke empat menu tersebut sangat penting, namun saya sarankan untuk lebih mengutamakan menu jumlah dan masking karena ini lebih menekankan pada tingkat ketajaman yang jernih dan nampak indah. Memanfaatkan fitur sharpening sangat berguna untuk foto landscape terutama dalam mengkombinasikan dengan fitur lightroom yang lainnya.

BACA JUGA : Fotografi Minimalis Masih Menarik Untuk Dilakukan

Filter

Terakhir adalah fitur filter atau lebih tepatnya graduated filter. Alat bantu ini memungkinkan teman-teman dalam menerapkan penyesuaian bertahap pada gambar, dan bahkan jika penyesuaian dilakukan dengan benar akan memunculkan warna yang natural, seperti warna pada rerumputan yang terlihat hijau, warna langit terlihat biru, hasil akhirnya mampu mempengaruhi foto landscape secara keseluruhan.


Sebenarnya masih banyak fitur yang tersedia di aplikasi Lightroom, namun ke 4 poin diatas adalah yang paling utama. Teman-teman bisa mengeksplor secara keseluruhan dari seluruh fitur yang disediakan, dengan begitu kalian akan terbiasa menggunakan Lightroom tanpa kebingungan.

No comments: