Belajar Fotografi Itu Mudah Jika Mampu Mengkombinasikan Konsep Ini

Sumber: https://pixabay.com/id/
http://duniabambe.blogspot.com/ - Belajar adalah tahap awal untuk mampu menguasai suatu hal tertentu. Selama ini saya belum pernah menjumpai seseorang yang ahli di bidang tertentu tanpa ada proses belajar sebelumnya.

Belajar fotografi sangatlah mudah, bahkan lebih mudah daripada yang lain. Mengapa demikian? karena pada dasarnya semua ilmu tetap mempunyai intisari dari ilmu itu sendiri. Bingung? sekarang begini, teman-teman bayangkan ingin menjadi seorang guru, lantas apa saja yang harus kalian lakukan? Belajar tentu menjadi poin dasar menjadi seorang pengajar, namun akan lebih mengerti tentang seorang guru jika kalian sudah mampu berinteraksi dengan seseorang. Nah, inilah yang saya maksud jadi teman-teman perlu untuk mengetahui intisari dari ilmu yang kalian pelajari.

fotografi, hal apa yang harus kalian ketahui jika ingin belajar tentang itu. "Teori dan Praktek" adalah kunci utama untuk bisa mengerti tentang fotografi. Jika teman-teman hanya mengusai satu bidang saja, saya pastikan kalian belum memperoleh hasil yang maksimal tentang foto entah itu dari teori atau praktek. 

Saya belajar fotografi mulai tahun 2016, dan itupun hanya ikut-ikutan saja karena ajakan teman untuk bergabung. Waktu itu yang saya tahu hanya seputar arti fotografi, teknik, konsep, kamera, lensa, peralatan dan lain sebagainya. Ketika terjun ke lapangan dan dibekali sebuah kamera, apa yang saya lakukan? haha, saya seperti orang bodoh yang tidak tahu apa-apa karena memang belum pernah terbayang situasi di lapangan dengan penjelasan selama materi. 

Dari sinilah, pemahaman tentang fotografi mulai meningkat. Saya lemah di praktek namun hanya menguasai secara teori belaka. Untuk itu, bagi teman-teman yang mulai tahap pembelajaran disarankan untuk menyeimbangkan keduanya. Usahakan setelah kalian memperoleh pengetahuan dan teknik tertentu, cobalah untuk praktekan secara langsung apakah sudah mendapatkan hasil yang sesuai atau tidak. 

Manfaat yang bakal teman-taman dapatkan jika sudah menyeimbangkan kedua hal ini adalah kalian akan mengetahui sudah sampai mana pengetahuan fotografi kalian. Kedua, teman-teman mengerti kesalahan yang diperbuat dan mampu menemukan solusi dari kesalahan tersebut. Terakhir, teman-teman tentu dapat mengetahui situasi, kondisi, waktu untuk memperoleh hasil foto yang maksimal.

No comments: