Manfaatkan Detik - Detik Pergantian Tahun Untuk Belajar Long Exposure


Sumber: Dokumen Pribadi
duniabambe.blogspot.com  - Sudah kenal kan tentunya dengan teknik long exposure? Tepat sekali, long exposure adalah teknik fotografi dengan mengutamakan shutter speed sebagai andalan utama. Pada intinya, teknik ini digunakan untuk menyelaraskan antara obyek yang bergerak dengan obyek yang diam, bagaimana caranya? tentu dengan mengatur shutter speed pada kamera selambat mungkin. 

Teknik semacam ini sering digunakan fotografer untuk mengambil obyek pemandangan, seperti di wilayah pantai atau bukit. Fungsinya apa? tentu untuk memberikan kesan yang dramatis pada foto dan lebih memberikan makna yang lebih mendalam pada foto tersebut.


Menggunakan teknik  long exposure sangat mudah, dan tidak perlu menunggu momen cantik seperti golden hour. Bahkan ketika cuaca mendung sekalipun kalian tetap bisa melakukan teknik ini. Namun, yang ingin saya bagikan lebih menarik daripada cuaca mendung yaitu "Momen Pergantian Tahun". 


Tahun baru bisa dikatakan momen yang dinanti oleh banyak fotografer karena ada banyak sekali hal menarik disaat itu, seperti menyalakan petasan dalam jumlah banyak dan serentak. Nah, inilah momen yang saya maksud, mengambil satu foto cantik yang dihiasi oleh percikan petasan dalam jumlah banyak. 


Tips Belajar Long Exposure
Untuk bisa mengambil gambar petasan tentu susah - susah gampang karena kalian akan berhadapan dengan banyak orang di suatu lokasi tertentu. Kalian bisa datang lebih awal dan memilih tempat yang strategis dimana lokasi itulah yang nantinya akan bermunculan banyak petasan di langit. 

Lokasi seperti apa maksudnya? Pusat kota adalah tempat yang sering dijadikan perayaan tahun baru, namun kalian jangan berkunjung kesana saya sarankan untuk memilih lokasi yang lebih tinggi namun masih bisa menyaksikan perayaan tahun baru tersebut karena jika berada di pusat kota kalian akan bertemu dengan banyak orang yang lalu lalang disekitar lokasi.

Setelah mendapatkan lokasi yang strategis, kalian bisa menentukan obyek apa yang sekiranya menarik untuk dipotret disekitar lokasi, bisa seperti bangunan, kendaraan, atau kalian bisa menjadikan teman kalian sebagai model. Kalo hanya memotret petasan saya kira kurang menarik, akan lebih indah jika ada obyek lain yang bisa kalian jadikan komposisi foto.

Langkah terakhir mungkin adalah settingan pada kamera. Saya biasanya mengaturnya dengan:
F                     : 22
ISO                 : 100
Shutter Speed : 30"

Mengapa menggunakan diafragma 22? Karena yang saya inginkan adalah hasil foto yang tajam menyeluruh, berbeda jika foto model saya akan mengaturnya menjadi 2.8. Lantas ISO 100? Saya memotretnya pada malam hari dan pada kondisi yang minim cahaya, jadi harus mengatur ISO dengan setelan yang tinggi. Bagaimana dengan shutter speed? Kembali pada awal pembahasan,  long exposure adalah teknik yang mengutamakan shutter speed untuk mengambil gambar. Pada umumnya 30" adalah pengaturan yang sudah cukup untuk mencoba teknik  long exposure.

Teknik  long exposure akan berhasil jika kalian mampu menyelaraskan komposisi yang kalian siapkan, untuk itu perlu kalian pikirkan terlebih dahulu foto seperti apa yang ingin kalian ambil dan satu lagi manfaatkan momen ini semaksimal mungkin. Tidak mungkin kan, orang-orang akan menyalakan petasan sampai pagi? haha

No comments: