Sakralnya Properti Reog Ponorogo Masa Kini


Sumber: Wikipedia

Kalian pasti mengenal,  bahwa Reog Ponorogo diangkat dari cerita rakyat belaka. Meski demikian,  tradisi ini masih melekat di hati masyarakat hingga selalu dimeriahkan setiap tahunnya.  


Terdapat beberapa syarat untuk memperagakan tradisi budaya ini, diantaranya adalah properti reog ponorogo yang menjadi ciri khas utama mereka. Berikut ini adalah 5 properti yang wajib ada di Reog Ponorogo


5 Properti Reog Ponorogo yang Wajib Digunakan

1. JARIT PONOROGO
Apa itu Jarit? Masyarakat Indonesia sering menyebutnya Jarik, atau pakaian berupa kain dengan motif batik. Jarik adalah salah satu properti reog ponorogo yang dikenakan oleh para penari. 
Sumber: pinterest.com

Mengenakan Jarit sekalipun tidak serta merta hanya ditempel, melainkan perlu diwiru menjadi 3 wiruan. Selanjutnya, disetiap wiruan harus dilipat menjadi 2 bagian. Barulah bisa dikenakan di bagian kepala dan juga kaki para penari Reog.


Baca Juga: BELAJAR BUDAYA 


2. DADAK MERAK PONOROGO

Dadak merak adalah topeng kayu berbentuk singa dengan tinggi mencapai 3 meter dan berat hingga 3 kilogram. Dadak Merak adalah properti Reog Ponorogo yang dikenakan juga oleh para penari. 
Sumber: Wikipedia

Motif unik pada topeng tersebut mengandung banyak arti. Seperti motif singa yang diartikan sebagai simbol kekuatan. Ada lagi motif bulu merak sebagai lambang keindahan dan juga kedamaian. 


3. SAMIR/BARA-BARA PONOROGO

Selanjutnya adalah Samir, atau kain bludur dengan tambahan bordiran monte sepanjang 30Cm. Sekilas, pakaian Samir menyerupai anak panah karena adanya bagian lancip berbentuk segitiga pada bagian atas. 
Sumber: Wikipedia

Seluruh bagian ujung Samir akan nampak bergombyok dengan hiasan bordir emas setengah bagian. Hiasan bordir ini mempunyai banyak warna, namun yang paling sering dipilih adalah warna merah, kuning, dan juga hijau. 


4. EPEK TIMANG PONOROGO

Epek Timang adalah properti Reog Ponorogo yang pasti akan dipakai oleh para penari. Bahan dasar properti ini terbuat dari bludu, ditambah sedikit bordiran emas di setiap sisinya.  Cara menggunakan properti ini dipasang layaknya sabuk. 
Sumber: pinterest.com

Warna putih menggilap semakin membuat indah properti Epek Timang. Fungsi lain dari properti tersebut sering dijadikan ikat pinggang oleh para penari. 


5. SAMPUR PONOROGO

Properti terakhir adalah Sampur, yaitu sebuah selendang panjang terbuat dari kain polos berwarna merah dan kuning. Untuk bagian ujung akan dipasang bergeyombok dengan renda greji berwarna emas. 
Sumber: pintetst.com

Ketika menggunakan Sampur harus dikemas memjadi satu dengan Epek Timang sebelumnya. Untuk Sampur warna merah diletakkan dibagian depan, sedangkan untuk warna kuning akan dipasang dibagian belakang Epek Timang. 


Masih banyak properti Reog Ponorogo yang wajib digunakan oleh para pemain Reog. Namun kelima properti diatas adalag hal sakral yang harus dikenakan. Terimakasih dan semoga bermanfaat. 

No comments: