Pulau Samosir Masih Menjadi Wisata Andalan di Sumatera Utara


Sumber: Pixabay
Hanya segelintir orang yang tahu akan indahnya objek wisata di Pulau Samosir. Meskipun pulau ini hanya berbentuk bongkahan daratan yang berada di Danau Toba, Pulau Samosir terkenal atas potensi wisata yang ada didalamnya. Terdapat dua rute untuk bisa menuju Pulau Samosir, yaitu dari Pelabuhan Tigaraja dan Pelabuhan Ajibata.

Meskipun Anda memilih salah satau pelabuhan tersebut, masih tetap sama lama durasi untuk mencapai Pulau Samosir yaitu sekitar 40 menit perjalanan. Untuk kendaraan roda empat, sebaliknya memilih rute dari Kabanjahe diteruskan ke Pangururan dan terakhir adalah Pulau Samosir. Patokan yang bisa Anda perhatikan adalah adanya jembatan Panguruan di dekat Pulau Samosir.

Setibanya di Pulau Samosir, Anda bisa memilih bekeliling terlebih dahulu atau menginap di hotel yang tersedia disana. Beragam pilihan hotel bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, untuk lebih baiknya pilih saja hotel dengan pemandangan Danau Toba dibelakangnya. Barulah, setelah kondisi tubuh kembali fit, Anda bisa mengunjungi beberapa objek wisata terkenal berikut ini.

Kumpulan Destinasi Terbaik di Pulau Samosir
1. Bukit Holbung
Sumber:Wikipedia
Ini adalah tempat strategis untuk menikmati keindahan Danau Toba dari atas yaitu Bukit Holbung. Tidak ada aktivitas yang bisa Anda lakukan disini, namun suasana sejuk disanalah yang membuat wisatawan betah berlama-lama di Bukit Holbung. Lokasi ini tepat sekali bagi Anda yang datang bersama rombongan untuk relaksasi sejenak menikmati keindahan Danau Toba.

Dari atas Bukit Holbung Anda bisa menyaksikan beberapa nelayan yang sedang mencari ikan. Jika Anda datang saat musim kemarau, akan terpampang rerumputan yang hijau segar layaknya bukit teletubis. Sedangkan tarif yang dikenakan hanya Rp5000 saja untuk satu orang ditambah parkir kendaraan sebesar Rp5.000 untuk roda dua dan RP10.000 untuk roda empat.

2. Puncak Sidiangkat
Tidak hanya Jogja dan Bandung yang mempunyai spot instagramable sarang burung. Spot semacam itu bisa Anda temukan di Puncak Sidiangkat Pulau Samosir. Bahkan ini lebih unik lagi karena didukung oleh background Danau Toba. Spot yang sering dijadikan foto adalah duduk didalam sarang burung layaknya seekor burung yang sedang mengerami telur.
Sumber:Wikipedia
Spot populer lain yang ada di Puncak Sidiangkat adalah dekorasi papan gantung berbentuk love. Sedangkan ditengah dekorasi ini terdapat kursi panjang sebagai tempat berpose. Biasanya wisatawan akan berfoto bersama pasangannya ketika foto di spot tersebut. Sudah terbayang bukan, bagaimana romantisnya memiliki foto dengan frame berbentuk love di sekelilingnya. 

3. Inna Parapat Hotel
Salah satu hotel legendaris dari Pulau Samosir ini wajib menjadi destinasi kunjungan Anda selanjutnya. Bentuk bangunan ini menyerupai bungalow dan kerap kali dijadikan tempat penginapan oleh kontingan Indonesia ketika menjelang gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON), Sea Games, dan juga Asian Games.
Sumber:Wikipedia
Inna Parapat Hotel juga terkenal akan restoran mewah didalamnya. Karena wisatawan bisa bersantai di sekitar danau dengan pasir pantainya berwarna putih bersih. Meskipun, ada beberapa hotel yang tidak memiliki fasilitas kolam renang, namun Anda bisa berenang langsung ke Pulau Samosir atau sekedar berlayar menggunakan perahu.

4. Air Terjun Situmurun
Istilah lain dari objek wisata ini adalah Air Terjun Binangalom, jadi jangan salah pilih destinasi karena banyak destinasi lain yang menyerupai aslinya. Bingalom atau Situmurun diambil dari bahasa Batak yang berarti air yang menyejukkan hati. Memang benar, karena air terjun tersebut terbilang unik terlihat dari pancuran air yang mengalir dari Danau Toba.
Sumber:Wikipedia
Jika Anda tidak membawa kendaraan sendiri, bisa menggunakan bus dengan biaya Rp 30.000 dengan tujuan Air Terjun Situmurun. Atau bisa juga menyewa mobil dari Parapat menuju ke Pelabuhan Ajibata. Jarak tempuh ke lokasi cukup lama sekitar 3 jam perjalanan, jika menggunakan bus malah semakin lama yaitu sekitar 6 jam perjalanan.
5. Pusuk Buhit Samosir
Dari awalnya gunung berapi aktif diubahlah lokasi ini menjadi destinasi wisata yaitu Pusuk Buhit Samosir. Masih banyak desa-desa sekitar yang akan Anda temui seperti Desa Sianjur Mula dan Desa Pangururan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Wisata ini terkenal atas cerita unik yang masih dipercaya hingga saat ini.
Sumber:Wikipedia
Mitos itu adalah lahirnya Suku Batak dari daerah sekitaran Pusuk Buhit ketika masa kerajaan Raja Batak. Penduduk setempat menyakini akan hal ini, itu sebabnya Pulau Buhit sangat diagung-agungkan dan dijaga dengan baik. Aktivitas lain yang bisa Anda nikmati adalah mengunjungi Tower Tele yang berlokasi cukup dekat dengan Pusuk Buhit.

6. Bukit Simarjarunjung
Masih seputar bukit, terdapat destinasi yang menarik lagi berupa Bukit Indah dari Simarjarunjung. Dari namanya saja bukit ini sudah terlihat menarik, dan faktanya memang benar. Ketika berada di ketinggian, Anda mampu menyaksikan penampakan dari Danau Toba. Sebenarnya ini adalah replika dari objek wisata Jogja yaitu kalibiru.
Sumber: https://www.wajibbaca.com/
Hampir setiap fasilitas Bukit Simarjanjung menyerupai objek wisata Kalibiru Jogja. Hanya saja, Bukit Simarjanjung lebih indah ditambah lagi adanya pohon cinta yang paling digemari oleh kaum muda. Untuk bisa kesana, Anda hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp2.000 /orang. Apabila ingin berfoto di lokasi Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5.000/orang. 

7. Museum Batak
Sumber: https://patch.com/
Siapapun boleh masuk di Museum Batak, mengingat tidak ada tarif yang dikenakan untuk setiap wisatawan alias gratis. Anda akan melihat banyak benda bersejarah mulai dari pakaian adat, alat Batak Kuno, hingga persenjataan tradisional.

Meskipun ini gratis, tapi Anda bisa memberikan sumbangan seiklasnya di beberapa sudut ruangan. Sedangkan Jam buka Museum Batak sendiri sudah dibuka mulai pukul 8.00 hingga jam 5 sore.

8. Pantai Tanjung Unta
Banyak sekali wisata di Pulau Samosir untuk melihat keindahan Danau Toba, salah satunya adalah Pantai Tanjung Unta. Sangat disayangkan sekali karena wisata ini belum dikelola maksimal, terbukti dengan minimnya fasilitas pantai di area tersebut.
Sumber:Wikipedia
Terdapat tiga rute untuk menuju Tanjung Unta, yaitu dari Medan ke Tigaras, kedua dari Medan menuju Sidamanik dan terakhir dari Medan ke Kebun Kelapa Sawit. Sedangkan tiket masuk lokasi akan dikenakan Rp7.000/ orang belum termasuk parkir.

9. Aek Rangat Pangururan
Ini adalah objek wisata pemandian air panas di sekitar Gunung Pusuk Buhit. Ketika berada di lokasi ini, Anda akan menikmati suasana sejuk dan alami. Keunikan dari pemandian ini adalah terdapatnya warna air berupa putih keabu-abuan.
Sumber:Wikipedia
Jangan panik ketika Anda tidak membawa bekal makanan, Aek Rangat Pangururan sudah menyediakan warung-warung kecil yang menjual aneka ragam makanan. Menu spesial disana adalah ikan mas, Anda harus menyicipi menu tersebut jika berkunjung kesana.

10. Lembah Bakkara
Objek wisata terakhir yang wajib Anda kunjungi adalah Lembah Bakkara yaitu sebuah aliran sungai yang sangat deras. Semua aliran air ini mengarah langsung ke Danau Toba, karena memang sumber utama aliran ini berada di Danau Toba.
Sumber:Wikipedia
Lokasi ini diangkat dari mitos air kehidupan yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Anda bisa membuktikan sendiri, ketika memiliki penyakit cobalah untuk berendam di pemandian air panas Lembah Bakkara.

Itulah 10 destinasi wisata terbaik di Pulau Samosir. Hampir semua lokasi wisata diatas mempunyai biaya masuk yang cukup terjangkau. Ditambah lagi banyaknya fasilitas yang bisa dinikmati oleh seluruh wisatawan.

No comments: