Semua Hobi Dapat Menghasilkan Uang


Sumber: pixabay.com
Duniabambe- Setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang ia senangi, meskipun ada beberapa yang memilih pekerjaan diluar aktivitas sehari – hari. Dilain sisi, hobi adalah kegiatan yang menurutnya menyenangkan untuk dikerjakan entah itu bisa menghabiskan uang yang banyak ataupun membutuhkan tenaga yang eksta. Hobi itu sendiripun terdiri dari berbagai macam, seperti sepak bola, renang, fotografi, dan lain sebagainya bahkan tidur sekalipun bisa dikatakan sebagai hobi.

Saya ingin membahas apakah dari hobi bisa mendapatkan penghasilan? Sangat bisa tentunya. Fotografi adalah kegiatan yang saya senangi mulai tahun 2015. Mulanya memang hanya sebatas mengisi waktu luang daripada nganggur tidak melakukan apapun, jalan beberapa tahun sempat berpikir apakah bisa saya bekerja sebagai fotografer?

Nah, jika teman – teman sudah berpikiran semacam itu, berarti Anda sudah nyaman dengan hobi yang dimiliki sehingga ingin eksplorasi lebih dalam mengenai hobi kalian. Saya tegaskan kembali bahwa apapun hobi kalian, sangat bisa untuk dikembangkan lebih jauh lagi agar memperoleh penghasilan yang sesuai.

Inovasi dan kreasi menjadi poin penting pembahasan kali ini. Sederhananya, bagamana sih membuat hal yang unik dan berbeda dari yang lain. Misalnya seperti saya yang gemar dengan fotografi, diluar sana tentu sudah banyak pekerjaan jasa pemotretan entah di studio foto atau diluar ruangan. Inovasi yang bisa saya kembangkan adalah memutar keadaan, jasa pemotretan tetap sama dengan yang lain tapi soal konsep harus berbeda yaitu menerapkan konsep studio foto akan tetapi berada di luar ruangan.

Mengapa saya menekankan harus berinovasi? Karena yang dicari orang saat ini adalah hal yang unik bukan lagi professional. Unik bisa dalam hal nama brand, konsep, atau marketting tergantung dari bidang teman-teman. Berinovasi itu mudah, teman-teman bisa mendapatkannya dari pengalaman yang sudah kalian kerjakan, setelah itu hanya mengubah sedikit bumbu agar berbeda dengan aslinya. Jika memasak mungkin perlu adanya racikan tambahan agar mempunyai rasa yang berbeda dengan aslinya.

No comments: